Thursday, September 8, 2011

Tips Mengatasi Hemoroid (Wasir)

1. Gunakanlah Terapi Air

Air dapat memberikan rasa nyaman pada hemoroid (wasir) yang sedang meradang, yang sering disertai rasa sakit dan gatal. Untuk meredakan rasa sakit pada hemoroid (wasir) Anda dapat melalukan kompres dingin pada daerah dubur, atau merendam daerah dubur dengan air hangat selama 10 menit beberapa kali sehari.

Anda juga bisa mencoba mengusap lembut area dubur yang sedang radang (wasir) dengan handuk lembab/basah. Ingat jangan mengusap area dubur dengan kertas toilet karena akan menyebabkan rasa sakit bertambah.

2. Cobalah Obat Untuk Hemoroid

Anda bisa mencoba memakai atau mengkonsumsi beberapa obat bebas (yang bisa dibeli tanpa resep dokter). Berbagai bentuk obat hemoroid tersedia dipasaran seperti tablet, krim, gel, dan supositoria. Obat -obat pereda nyeri (analgesik) seeprti parasetamol atau ibuprofen juga bisa diminum untuk mengurangi nyeri pada wasir.

3. Konsumsilah Lebih Banyak Serat

Konsumsi serat yang cukup membantu Anda untuk terhindar dari sembelit sehingga buang air besar menjadi lebih mudah dan bisa mencegah hemoroid Anda kambuh.Diet tinggi serat juga mengurangi rasa sakit wasir dengan membuat tinja menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi 25 g / hari untuk wanita dan 38 g / hari untuk pria (Sumber: ADA). Beberapa makanan serat tinggi yang bisa Anda pilih adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, bekatul, dan sereal atau roti dari gandum utuh. Konsumsi serat yang cukup juga memberikan keuntungan lain bagi kesehatan, yaitu menurunkan risiko penyakit kanker usus besar, penyakit jantung, dan obesitas.

Jika Anda susah memenuhi kebutuhan serat Anda dari buah dan sayuran, Anda bisa mengkonsumsi beberapa produk yang mengandung serat. Beberapa produk serat yang bisa Anda pilih adalah psyllium (Konsyl; Metamucil), metilselulosa (Citrucel), kalsium polycarbophil (FiberCon), dan gandum dekstrin (Benefiber).


5. Minumlah Cukup Air

Air adalah faktor yang sangat penting agar tinja lunak yang pada akhirnya bisa mengurangi rasa sakit dari hemoroid/wasir. Minum cukup air juga dapat membantu mencegah wasir. Untuk memenuhi kebutuhan air, Anda harus minum sedikitnya delapan gelas air sehari, tentunya jumlah air yang dinimum harus disesuaikan dengan cuaca dan tingkat aktivitas Anda. Anda juga sebaiknya membatasi konsumsi alkohol dan kafein, karena kedua minuman tersebut akan meningkatkan pembuangan air dari tubuh dan akan menyebabkan tinja menjadi keras.


6. Latihan Fisik (Aktivitas)

Aktivitas /latihan fisik sangat penting dalam mencegah dan mengobati hemoroid/wasir. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk selama berjam-jam maka usahakanlah untuk bangkit dari tempat duduk Anda setiap jam dan lakukan aktifitas berjalan (bergerak)beberapa menit. Beberapa aktivitas juga harus Anda hindari, yaitu duduk untuk waktu yang lama di toilet, angkat berat, dan hubungan seks anal, yang semuanya dapat meningkatkan risiko wasir dan memperburuk gejala wasir.

7. Buang air besar disaat yang tepat

Pagi hari adalah waktu yang sibuk bagi banyak keluarga, dan Anda mungkin terkadang menunda buang air besar disaat Anda sudah merasa ingin buang air besar. Ketahuilah bahwa jika Anda sering menunda buang air besar akan memicu sembelit/konstipasi dan hal tersebut akan memicu atau memperparah wasir/hemoroid. Jadi pergilah ke toilet ketika Anda sudah merasakan akan buang air besar.

8. Langkah khusus saat hamil dan melahirkan

Wasir banyak dialami oleh wanita selama kehamilan dan setelah melahirkan. Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terhadap kemungkinan penyakit wasir Anda akan mejadi lebih parah selama hamil dan setelah melahirkan. Demi keamanan bayi Anda, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin memakai atau mengkonsumsi obat untuk wasir. Satu langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah memburuknya wasir selama kehamilan adalah berbaring pada sisi kiri Anda saat beristirahat atau tidur untuk membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembengkakan vena dan wasir.

dokter sugiri

No comments:

Post a Comment

Info Sehat Dokter Sugiri Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger