Friday, September 9, 2011

Tip Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Menjaga kesehatan ginjal sejak Anda berusia muda sangat penting untuk mengurangi resiko menderita penyakit ginjal dikemudian hari, misalnya terjadinya gagal ginjal. Sementara bagi Anda yang mempunyai kecenderungan atau pernah mempunyai masalah dengan ginjal maka Anda masih bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.


Hindari Mengkonsumsi Obat Penahan Sakit (Analgesik/NSAID). Obat golongan penahan rasa sakit atau NSAID(non-steroid anti-inflammatory)membahayakan kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam waktu panjang. JIka memugkinkan hindarilah mengkonsumsi golongan obat ini, dan jika harus minum usahakan seperlunya saja (jangan terus menerus). Dan jika Anda harus mengkonsumsi obat NSAID dalam waktu panjang maka lakukan tes darah secara rytin untuk mengetahui kesehatan ginjal Anda.



Jaga Cairan Tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka pengeluaran sampah metabolisme berkurang dan menumpuk dalam darah. Keadaan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada ginjal jika terjadi dalam waktu lama. Maka tetaplah jaga cairan tubuh dengan mimum air yang cukup.


Sayur dan Buah. Makanlah buah dan sayuran yang dapat menjaga kesehatan ginjal Anda. Sayuran yang dianjurkan adalah kubis, dan brokoli, sedangkan buah yang baik untuk ginjal adalah beri, apel, bawang putih dan bawang bombay, paprika, dan tomat.




Hindari paparan logam berat. Timah, kromium, kadmium, merkuri, dan arsen sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal. Jika Anda rentan terhadap gangguan ginjal, disarankan bahwa Anda menghindari suplemen dan minuman yang mengandung senyawa kromium, dan menghindari suplemen vitamin yang mengandung kromium dan cadmium.


Hindari alkohol dan tembakau. Seperti halnya hati, ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk menyaring racun (detoksifikasi) dan mengeluarkannya dari tubuh Anda. Karena alkohol dan tembakau pada dasarnya adalah racun, maka konsumsi yang berlebihan akan meningkatkan beban kerja ginjal Anda.



Mengurangi risiko terkena diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyebab utama gangguan ginjal atau bahkan gagal ginjal. Maka jika Anda bisa mencegah terjadinya diabetes melitus maka Anda mengurangi kemungkinan menderita gagal ginjal dikemudian hari. Untuk mencegah diabetes melitus Anda sebaiknya berolahraga secara teratur, dan mengurangi asupan lemak dan gula.

dokter sugiri

Baca juga artikel : Gagal ginjal akut

No comments:

Post a Comment

Info Sehat Dokter Sugiri Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger